100 Techniques: Master a Lifetime of Cooking Skills, from Basic to Bucket List (ATK 100 Series)

100 Techniques: Master a Lifetime of Cooking Skills, from Basic to Bucket List (ATK 100 Series)

Biologi Menurut anda antara tanaman C3, C4, dan CAM mana tanaman yang merupakan tanaman masa depan dalam menghadapi global warming dan berikan alasannya. ​

Menurut anda antara tanaman C3, C4, dan CAM mana tanaman yang merupakan tanaman masa depan dalam menghadapi global warming dan berikan alasannya. ​

Tanaman yang cocok dalam menghadapi global warming yaitu tanaman C4 dan CAM. Karena pada saat global warming, terjadi peningkatan suhu udara di bumi, perubahan pola curah hujan serta peningkatan Gas Rumah Kaca. Sehingga tanaman C4 dan CAM dianggap cocok untuk menghadapi global warming, dimana tanaman tersebut mudah beradaptasi pada lingkungan yang kering.

Pembahasan

Sebelum kita menentukan tanaman mana yang cocok dalam menghadapi global warming, kita perlu mengetahui masing-masing ciri dari ketiga tanaman tersebut.

Tanaman C3, disebut C3 dikarenakan prosesnya mengubah [tex]CO_{2}[/tex] menjadi senyawa berkarbon tiga atau senyawa 3-phosphoglyceric 3 karbon (atau PGA). Ciri-cirinya :

  • Sel mesofil daun (monomorfik) yang besar dan tidak rapat.
  • Fiksasi [tex]CO_{2}[/tex] yang langsung masuk pada siklus calvin di siang hari.
  • Laju fotosintesis rendah.
  • Mudah beradaptasi dalam suasana [tex]CO_{2}[/tex] yang tinggi serta pada habitat lahan basah.

Tanaman C4, disebut C4 dikarenakan prosesnya mengubah [tex]CO_{2}[/tex] menjadi 4-karbon menengah. Ciri-cirinya :

  • Sel mesofil daun dan seludang (dimorfik) yang tertata dengan baik, tidak terlalu besar dan lebih rapat.
  • Fiksasi CO2 terjadi di dua tempat yaitu mesofil dan seludang, dimana sintesis asam malat dan pemecahan asam malat terjadi di siang hari.
  • Laju fotosintesis tinggi.
  • Mudah beradaptasi di daerah kering dan banyak sinar matahari.

Tanaman CAM, disebut CAM dikarenakan prosesnya terdiri dari empat fase dengan bantuan sinar matahari. Pada siang hari mengumpulkan [tex]CO_{2}[/tex] dan pada malam hari memperbaiki [tex]CO_{2}[/tex] sebagai 4 karbon intermediet. Ciri-cirinya :

  • Terdapat vakuola yang besar dalam mesofil.
  • Fiksasi CO2 melewati lintasan C4 dan terjadi di waktu yang berbeda (siang dan malam hari), dimana sintesis asam malat dan pemecahan asam malat terjadi di sel mesofil daun.
  • Laju fotosintesis rendah.
  • Mudah beradaptasi di lingkungan yang sangat kering.

Dikatakan pada soal tanaman yang cocok dalam menghadapi global warming. Perlu kita ketahui bahwa global warming yaitu kondisi peningkatan suhu pada bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia dengan menambah gas rumah kaca ke atmosfer. Dampaknya yaitu perubahan pola curah hujan, peningkatan suhu udara, dan peningkatan kadar Gas Rumah Kaca.

Setelah kita uraikan pada penjelasan di atas, maka dapat kita ketahui untuk tanaman yang cocok dalam menghadapi global warming yaitu tanaman C4 dan CAM, dimana tanaman tersebut dapat bertahan dan mudah beradaptasi pada lingkungan yang kering.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang proses fotosintesis tanaman C3, C4 dan CAM pada : https://brainly.co.id/tugas/24839958

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]